Sesepuh Golkar Turun Gunung Gelar Munas Islah

161214-NAS-13

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Politisi senior Partai Golkar, Hajriyanto Y Thohari, mengatakan keputusan yang diambil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah hasil maksimal yang dilakukan pemerintah dalam usaha penyelesaian dualisme di tubuh partai berlambang pohon beringin.

Menurut dia saat ini bola berada di tangan para sesepuh Partai Golkar yang diharapkan dapat ‘turun gunung’ untuk melangkah dan mewujudkan islah lewat musyawarah nasional (munas) rekonsiliasi.

“Saya rasa itulah hasil maksimal yang bisa dilakukan oleh pemerintah. Sekarang bola ada di tangan para sesepuh yang diharapkan dapat ‘turun gunung’ guna melangkah mewujudkan islah melalui sebuah munas rekonsiliasi,”kata Hajriyanto dalam pesan singkat, di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Mantan Wakil Ketua MPR itu berpendapat rekonsiliasi adalah jalan yang terbaik dan lebih bermartabat daripada menggantungkan marwah partai pada pemerintah. Dia juga menilai tidak masuk akal bila marwah sebuah partai tua dan besar dipertaruhkan pada keputusan pemerintah.

“Untuk itu saya menawarkan islah di antara dua kubu melalui sebuah munas rekonsiliasi. Sebuah partai tua, berpengalaman, dan besar harus mempunyai prosedur dan mekanisme menyelesaikan konflik atau perpecahan yang mencerminkan kedewasaan politik,” paparnya.

Dia pun menganggap konflik dalam politik merupakan hal biasa, namun setiap konflik seharusnya diikuti dengan konsensus. “Bila tidak, ya seperti yang terjadi sekarang, sudah mengarah pada perpecahan,” pungkasnya. (nisa)

Berita Terkait