Setia Utama: Arsiparis SMK SMAK Padang Sangat Baik

PADANG, (tubasmedia.com) – Arsip merupakan pusat ingatan setiap organisasi pemerintahan. Apabila arsip yang dimiliki kurang baik pengelolaannya, maka akibatnya akan mempengaruhi tingkat reputasi suatu organisasi tersebut, sehingga organisasi yang bersangkutan akan mengalami hambatan dalam pencapaian tujuan.

Hal itu dikatakan Arsiparis Ahli Utama Kementerian Perindustrian, Setia Utama di SMK SMAK Padang pada kegiatan Arsiparis tentang Audit Pengawasan Kearsipan Internal.

Kegitan ini diperuntukkan bagi arsiparis dan pengelola arsip Satuan Kerja ( SATKER ) yang ada di Kota Padang yang dibuka oleh Kepala SMK SMAK Padang, Nasir, Rabu, (23 Maret 2022).

Ia menambahkan, arsip mempunyai arti yang sangat penting, yaitu untuk menyusun rencana program kegiatan berikutnya. Arsip dapat diketahui bermacam informasi yang sudah dimiliki sehinggga dapat ditentukan sasaran yang akan dicapai, dengan menggunakan potensi yang ada secara maksimal.

Setia Utama yang juga pernah berkecimpung di Pusat Data Kemenperin (Pusdatin) dan Kepala Biro Humas Kemenperin mengatakan, setelah dilakuan survey di lima unit satuan kerja Kementrian Perindustrian di Kota Padang dilihat dari hasil penilaian bahwa arsiparis SMK SMAK Padang sangat baik.

Selanjutnya Setia Utama juga menaruh harapan dalam hal ini kepada Kementerian Perindustrian terkait dengan SMK SMAK Padang belum mempunyai Fungsional Arsiparis.

‘’Dengan dasar penilaian tadi akan diusulkan kepada Kepala Biro Kepegawaian Kementrian Perindustrian untuk dipersiapkan  fungsional arsiparis  di SMK SMAK Padang sehingga kegiatan kearsipan di SMK SMAK Padang akan jauh lebih baik demi kepentingan pengarsipan di SMK SMAK  Padang,’’ kata Setia.

Memiliki Kompetensi

Sementara itu Nasir mengatakan, arsiparis adalah seorang ASN yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan yang diperoleh melalui pendidikan formal disertai dengan pelatihan kearsipan.

Disamping itu mempunyai  tugas serta tanggungjawab untuk melaksanakan kegiatan kearsipan. Seorang arsiparis harus mampu menjalankan perannya dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja di instansi atau lembaga tempat dia bertugas.

Nasir mengatakan, seseorang yang berprofesi sebagai arsiparis membutuhkan sebuah karakter pribadi yang kuat dan harus bertanggung jawab mengelola kearsipan. Selain itu harus mampu melaksanakan perannya sebagai arsiparis dengan semangat integritas yang tinggi dan penuh tanggungjawab. (sabar)

Berita Terkait