Setiap OPD Wajib Punya Program Unggulan

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) wajib punya program unggulan dalam membangun Kabupaten Tapanuli Utara. Saya minta fokus pada visi dan misi, harus lebih teliti dan mampu menjadi kontroling atas kebijakan yang harus dipertanggungjawabkan.

Demikian Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan dalam arahannya saat memimpin Rapat Musyarawarah Rencana Pembangunan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrembang) RPJMD Taput tahun 2019-2024  di Gedung Dipo Petukkoan, Rabu (25/9). Bupati didampingi Wakil Ketua DPRD Fatima Hutabarat dan Pj. Sekda Parsaoran Hutagalung.

Kata bupati, semua harus saling memberikan masukan dan sinergitas sehingga akan menjadikan suatu tim yang kuat tanpa ada yang merasa super. Program itu harus  terkait dengan pertanian, perkebunan dan peternakan.

Program unggulan itu harus mampu menjadikan ataput dikenal 5 tahun kedepan sebagai daerah lumbung pangan.

Ditekankan juga agar Perusda Pertanian dan Perusda Pertambangan lebih aktif dalam memajukan usahanya dengan konsep yang mudah, simpel, bagus dan terarah.

“Kita juga tetap fokus pada pembangunan infrastruktur jalan sebagai konektifitas antar kecamatan, ke pemukiman warga dan juga lokasi sentra pertanian,” jelas bupati.

Menurutnya, ketentuan dan peraturan yang mengatur tata ruang wilayah harus segera dibenahi dan dituntaskan. Terkait kondisi sekolah yang kekurangan guru dapat diselesaikan dengan dua langkah.

Pertama, segera melakukan pemetaan tenaga pengajar terutama pada SD sehingga dapat diusulkan penambahan guru PNS. Kedua,  pemerataan guru dengan melakukan mutasi tanpa menimbulkan perasaan dizolimi.

Bupati juga menambahkan beberapa point permasalahan yang perlu segera diselesaikan, seperti penyelesaian  lahan RSUD Tarutung dan Bandara Silangit,.

Penataan pasar lama SBB menjadi wisata kuliner, pendirian BUMDes dengan pengurus yang berkompeten melalui pelatihan SDM, pengawasan penggunaan Dana Desa serta agar para camat harus mendata usaha yang ada di daerah masing-masing.

“Terkait usulan pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, mari satukan pandangan bahwa salah satu tolak ukur kemajuan suatu daerah dapat dilihat dengan banyaknya uang yang beredar,” pintanya. (tony)

Berita Terkait

Komentar

Komentar