Melalui IGDS, Setiap Produk Wajib Memiliki Pesona Masing-masing

Para penerima penghargaan berfoto bersama dengan Menteri Perindustrian , Agus Gumiwang Kartasasmita\

 

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kendati desain produk kita sudah  bisa menembus pasar internasional dan dapat diterima konsumen di pasar global, namun setiap produk itu harus memiliki pesona masing-masing.

Hal itu dikatakan Menteri Perindustriamn, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pidatonya pada acara Penganugerahan Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2021 secara virtual, Selasa 26 November 2021

Acara ini diselenggarakan dalam rangka mendorong pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) serta meningkatkan kualitas desain produk industri agar memiliki daya saing.

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar acara Penganugerahan Penghargaan Indonesia Good Design Selection (IGDS) yang telah melalui tahap seleksi dan penilaian sebelumnya.

Kemenperin menyatakan, penganugerahan penghargaan Indonesia Good Design Selection atau IGDS 2021 bertujuan untuk mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri.

Hal pertama dari IGDS 2021 adalah tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri serta mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain kebaruan dan inovasi, serta berkarakter Indonesia.

Di bagian lain uraiannya, Menteri mengatakan masing-masing desainer wajib menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Nilai-nilai budaya kita yang sangat beragan itu, juga sangat perlu dijaga dan dilestarikan sehingga akan terjadi nanti budaya global.

Keragaman  budaya di tanah air, kata menteri lagi, harus dipandang sebagai kearifan lokal.

Desain-desain produk asing juga sudah masuk ke pasar dalam negeri dan diduga keras mereka akan mengadopsi kearifan lokal kita dan ini harus disadari menjadi sebuah pertarungan.

Nah, guna menjaga dan melestarikan kearifal lokal tadi menurut Menteri, para desainer dan semua pihak yang terlibat dalam upaya melestarikan budaya lokal, wajib melakukan pengawasan yang ketat.

Di bagian lain uraiannya disebut bahwa kemenperin juga melibatkan wakil presiden Taiwan Desain Riset Institut sebagai juri penghormatan pada penjurian tahap 3 dan pemeriksa desain industri dari Kementerian Hukum dan HAM.

untuk selanjutnya para penerima penghargaan IGDS juga difasilitasi untuk ikut dalam golden PIN design awards 2022. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar