Siapa Pemilik Saham Mayoritas Newmont ?

newmont

SUMBAWA, (tubasmedia.com) – PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) berencana mengubah pemegang saham perusahaan. Siapa calon pemegang saham terbesar? Menurut Senior Manager Operasional Newmont, Wudi Raharjo, mayoritas saham Newmont saat ini dimiliki oleh asing yaitu Nusa Tenggara Partnership (NTP).

“Saat ini NTP memiliki 56 persen saham. Sebentar lagi mayoritas saham akan dimiliki oleh Indonesia,” ujar Budi di Kantor Newmont, Sumbawa Barat, Kamis (18/12/2014).

Seperti kita ketahui NTP merupakan perusahaan asal Belanda, 56,7 persen sahamnya dimiliki Newmont Indonesia Limited. Sisa 44 persen saham NNT dipegang oleh perusahaan asal Indonesia. Pemegang saham terbesar adalah PT Multi Daerah Bersaing (MDB) dengan 24 persen.

Sebanyak 75 persen saham PT MDB dimiliki oleh Bumi Resources (BUMI). Perusahaan lokal lain yang memiliki saham di Newmont adalah PT Pukuafu Indah (PTPI) sebesar 17 persen dan PT IMI sebesar 2,2 persen.

Dalam waktu dekat, tambah Wudi NTP akan melakukan divestasi 7 persen saham NNT. Saham divestasi tersebut akan miliki oleh perusahaan lokal. Dengan begitu nantinya, saham Indonesia di NNT akan mencapai 51 persen atau mayoritas. (edi s)

Berita Terkait