Sindrome Karpal Serang Pengguna Komputer

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Sindrome karpal atau carpal tunnel syndrome merupakan cedera pada tangan. Mereka yang paling berisiko mengalami cedera ini yakni yang kerap menggunakan perangkat komputer, seperti mouse, keyboard, monitor. Aktivitas lain seperti menyetir, membaca koran dan melukis juga berisiko.

Sindrom karpal merupakan penyakit yang menyerang pergelangan tangan. Cedera terjadi saat syaraf tangan menyatu di bagian pergelangan tangan sehingga terasa nyeri. Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada tangan. Resiko terkena sindrom karpal yakni sekitar 10 persen pada orang dewasa. Hal ini terjadi bila tangan melakukan kegiatan yang sama dan berulang kali dalam jangka panjang seperti mengetik.

Beberapa gejala awal yang biasanya terjadi kala seseorang mengalami sindrom karpal yaitu mati rasa pada jari-jari, terutama ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Kemudian sensasi terbakar, geli di telapak tangan, kesulitan menggenggam dan mengepalkan tangan serta sering menjatuhkan barang.

Siapa saja yang berisiko terkena penyakit ini? Untuk sekarang, mereka yang paling berisiko yakni yang bekerja pada laptop dan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat atau jeda yang cukup. Lalu mereka yang menyetir juga dalam waktu lama, kelebihan berat badan, serta penderita hipotiroidisme dan diabetes. Tak lupa, mengetik terlalu sering mengetik SMS atau berbicara di ponsel.

Maka itu, khusus bagi pengguna komputer terutama mouse, jika suatu saat mengalami ketidaknyamanan pada tangan karena telah memakai mouse atau keyboard dalam waktu lama, Anda sebaiknya segera melakukan relaksasi.***

Berita Terkait

Komentar

Komentar