Singapura Ranking Teratas Penyalur Modal Asing

201014-usaha5

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Singapura menempati ranking teratas sebagai penyalur modal asing ke Indonesia selama Q3-2014 (Januari hingga September 2014), kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Mahendra Siregar. Sedangkan Jepang berada di peringkat kedua.

“Berdasarkan nilai investasi dalam US dolar maka kelihatan selama Januari-September 2014 Singapura tetap tertinggi. Tetapi, kalau dilihat dari segi persentasenya, ada di kisaran 20 persen,” jelasnya di Jakarta, belum lama ini. Selama kuartal III-2014, Singapura telah merealisasikan investasi sebesar 4,899 miliar dollar AS untuk 1.063 proyek.

Jika pada tahun 2013 Jepang merupakan kontributor terbesar (16,5 persen), maka pada sembilan bulan pertama tahun ini kontribusinya hanya 9,4 persen atau sekitar 2 miliar dollar AS. Tahun lalu realisasi investasi dari investor Jepang di industri otomotif luar biasa besarnya. Bahkan, dibanding tahun sebelumnya meningkat 50 persen lebih. Memang realisasi dari investasi sebagian besarnya sampai pada tahap penyelesaian.

Tahun ini, kata Mahendra, Jepang mulai meningkatkan produksinya. Ke depan sudah mulai memproses investasi otomotif untuk produk baru, terutama terkait pasar kelas menengah ke bawah dan juga untuk produk yang low cost green car. (sis)

Berita Terkait

Komentar

Komentar