Siswa MA Al-Ishlah Lamongan Ikuti Praktikum Analisis Bahan Pangan di USB

Kampus-USB

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – Sebanyak 181 siswa-siswi dari MA Al-Ishlah Sendangagung Paciran, Lamongan, Jawa Timur mengunjungi Universitas Setia Budi Surakarta, Kamis (7/1). Namun kunjungan tersebut dilakukan tidak semata-mata untuk mengenal Universitas Setia Budi Surakarta. Para siswa MA Al-Ishlah Lamongan yang didampingi beberapa guru pendamping juga mengikuti Praktikum Analisis Bahan Pangan.

Sebelum menerima materi pelatihan, para siswa terlebih dahulu diberi informasi terkait profil USB oleh tim promosi USB. Para siswa diberi penjelasan mengenai berbagai program studi yang ada di USB, jalur pendaftaran mahasiswa baru, dan fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan ketika menjadi mahasiswa di USB. Fasilitas tersebut antara lain beasiswa pendidikan, laptop gratis, kunjungan ke luar negeri, dan jaminan kerja.

Usai mendapat informasi terkait profil USB, para siswa ini mulai melakukan Pelatihan Penentuan Bahan Kimia dalam makanan. Dengan dipandu oleh dosen pembimbing, para siswa yang terbagi dalam beberapa kelompok melakukan empat jenis praktikum.

Praktikum yang pertama adalah identifikasi senyawa borax dengan reaksi nyala, dimana sampel-nya adalah bakso. Praktikum kedua adalah identifikasi senyawa sianida dalam makanan, dimana bahan yang digunakan adalah singkong. Praktikum ketiga yakni identifikasi senyawa formalin pada bahan makanan dengan asam kromatophat. Dalam identifikasi tersebut sampel yang digunakan adalah tahu.

Sementara praktikum keempat adalah penentuan kadar vitamin C pada buah atau sayuran secara iodimetri. Melalui praktikum tersebut para siswa bisa melakukan pengayaan materi yang diterima di sekolah. Selain itu, dengan melakukan kunjungan ke USB, para siswa diharapkan bisa mengenal USB secara lebih dekat.(sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar