Sofyan Djalil harus Diganti

index

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Semua orang Jusuf Kalla yang masuk dalam Kabinet Kerja memang bermasalah. Sebut saja misalnya Menteri Perencanaan Pembangunan/ Kepala Bappenas Sofyan Djalil dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

“Sofyan Djalil dan Rudiantara selalu bagian bermasalah dalam kabinet Jokowi. Sofyan Djalil harus diganti sebagai Kepala Bappenas,” kata Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi, beberapa saat lalu (Kamis, 31/12).

Menurut Uchok, saat Bappenas dipimpin Sofjan Djalil maka pembagian tugas dan tanggungjawab tidak berjalan sesuai prosedur lantaran menterinya lebih percaya kepada orang-orang yang mereka bawa sebagai staf khusus daripada pegawai kementerian. Padahal, Uchok mengingatkan, fungsi Bappenas ini sangat strategis sehingga bisa atau tidaknya sebuah proyek dan anggaran yang diajukan oleh lembaga negara atau lembaga lain sangat ditentukan oleh Bappenas.

“Jadi, kalau yang menentukan hanya staf bawahan menteri sebagai wamen bayangan, maka dampaknya sudah jelas setiap proyek yang akan direncanakan akan lambat, dan diduga proyek-proyek akan disetujui adalah proyek peoyek yang menguntungkan mereka,” tegas Uchok.

Karena itu, tegas Uchok, sangat pantas bila Menteri Sofyan Djalil diganti agar Bappenas bisa normal seperti sediakala.

“Walaupun Sofyan Djalil ini orang JK tetap harus dicopot biar sedikit demi sedekit kekuasaan JK kendor karena JK ini terlalu sombong, dan banyak bawa “orang” dalam Kabinet Kerja ini,” demikian Uchok. (sabar)

Berita Terkait

  • Tidak Ada

Komentar

Komentar