Solo Tuan Rumah ASEAN Para Games

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

SEMARANG, (Tubas) – Gubernur Jawa Tengah, H. Bibit Waluyo, baru-baru ini, meninjau penyelesaian perbaikan Asrama Haji Donohudan Solo sebagai tempat penginapan para atlet dan ofisial APG (ASEAN Para Games) VI. Pada kesempatan itu Bibit Waluyo menyatakan Jawa Tengah khususnya Kota Solo siap menyelenggrakan pesta olahraga APG VI yang akan digelar 12-22 Desember 2011.

Asrama tersebut mampu menampung 1.175 orang dan apabila ada atlet dan ofisial yang tidak tertampung maka disediakan penginapan 11 hotel berbintang di Kota Solo yang keseluruhannya berkapasitas 2.350 orang. Untuk memudahkan mobolitas para atlet dan ofisial disediakan 10 bus baru yang dirancang khusus, dan ditargetkan diap doiperasikan pada akhir Nopember 2011. Saat ini 9 bus telah selesai pengerjaannya.

ASEAN Para Games yang merupakan peristiwa olah raga dua tahunan untuk atlet cacat fisik (paralimpian) dari negara-negara anggota ASEAN yang akan diikuti sekitar 1.000 atlet dan 500 ofisial, dengan mempertandingkan 11 cabang olahraga yaitu : angkat berat, atletik, bulu tangkis, catur,goal ball, panahan, renang, ten pin bowling, tenis kursi roda, tenis meja, dan voli duduk. Venue yang akan digunakan untuk kesebelas cabang olahrga tersebut 7 milik pemerintah dan 4 lainnya milik swasta.

Olah raga ini dirancang sebagai sebuah kompetisi dan bersifat kekeluargaan untuk menyatukan dan menggerakkan masyarakat ASEAN bersama-sama meraih kemajuan dalam olahraga maupun bidang lainnya.

Guna mendukung kelancaran pelaksanaan APG VI, Pemprov Jawa Tengah melakukan perbaikan sarana dan prasarana lingkungan antara lain di Stadion Manahan, Kolam Renang Tirtomoyo, Lapangan Tenis Manahan, Stadion Sriwedari, Gedung Wanita, GOR Manahan, Balaikota serta Asrama Haji Donohudan. (yon)

Berita Terkait

Komentar

Komentar