Soto Gunung dari Gunung Kidul

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

SANTAI – Pemilik warung Soto Gunung bu Wagiran terlihat santai ngobrol dengan pelanggan warungnya (tubasmedia.com/sabar hutasoit)

YOGYAKARTA, (TubasMedia.Com) – Tempatnya tidak menawan hati. Dia ada di pinggiran jalan raya dan di emper toko di daerah Bintara, Yogyakarta. Peralatannya-pun sangat sederhana termasuk bangku dan meja makannya. Atapnya hanya selembar plastik yang dibentangkan dari bibir atap emper toko hingga mencapai kaki meja makan.

Tapi, pengunjungnya cukup ramai. Itulah rumah makan pinggir jalan yang dikenald engan sebutan Soto Gunung, bu Wagiran. Koq Soto Gunung ? ‘’Yah namanya Soto Gunung karena kami asalnya dari Gunung Kidul,’’ jelas bu Wagiran.

Cukup laris warung pinggir jalan ini dan pengunjungnya-pun sangat variatif, mulai dari tukang becak hingga anak mahasiswa sampai ke orang kantoran. Dan tidak jarang penikmat Soto Gunung ini orang-orang berdasi yang tubuhnya disemprot parfum yang baunya wahai.

Tapi jangan lupa, telat sedikit, jangan diharap kita bisa dilayani lagi. Pasalnya warung ini buka dari pagi pukul tujuh hingga paling lambat pukul 14.00 sudah tutup. Kenapa ? Dagangannya sudah habis dan kita hanya sediakan hanya untuk makan siang,’’ lanjutnya.

Sebagai warung pinggir jalan, pemilik warung juga menyesuaikan harga dengan tempat. Satu mangkok Soto Gunung komplit hanya dikenakan Rp 5.000 yang isinya daging ayam, laksa atau bihun, sayuran dan sepotong tahu serta nasi.

Untuk minuman, tersedia, air jeruk hangat. Harganya, hanya Rp 2.000 dan sepotong tempe gorang dan rempeyek hanya Rp 1.000. Itu artinya, makan siang Soto Gunung dengan minum air jeruk hangat ditambah sepotong tempe goring, cukup merogoh kocek Rp 8.000.

Bu Wagiran mengaku sudah 31 tahun menekuni professinya sebagai pedagang makanan Soto Gunung dan tempatnya tidak pernah pindah. Untuk melayani para tamu, bu Wagiran cukup ditemani tiga anak buahnya yang adalah keponakan sendiri. ‘’Ponakan sendiri aja mas, tidak kuat membayar orang lain,’’ katanya. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar