SPAM akan Dibangun di Tarutung

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Usai penaburan benih ikan di Desa Banuaji I, didampingi Sekretaris Daerah Tapanuli Utara (Taput), Indra Sahat Simaremare, Asisten II Osmar Silalahi dan Direktur PDAM Mual Natio, Lamtagon Manalu, Bupati Taput, Nikson Nababan gelar rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tarutung dan sekitarnya.

Dari sumber air baku Aek Butar yang dipaparkan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II tentang rencana BWSS akan dibangun Intake, Reservoar dan Pipa Transmisi.

Pihak BalaiĀ  Pasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWS) selanjutnya membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan jaringan distribusi utama yang juga paparan dari konsultan, di Sopo Rakyat, Tarutung, Senin (27/07/20).

” Paparan ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi saya karena masalah air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat sampai sekarang belum terpenuhi. Bahkan sempat saya akan mengalihkan pembangunan satu tahun APBD agar dianggarkan pada pembangunan air bersih. Ternyata Tuhan mendengar doa masyarakat Tapanuli Utara. Terimakasih bapak ibu dan kami akan fasilitasi apa yang dibutuhkan dari Pemkab Taput dan doa kita bersama dalam waktu dekat segera terealisasi,” kata Bupati Taput, Nikson Nababan.

Pembangunan IPA dua unit dan Reservoar dua unit untuk kebutuhan air bersih di tiga kecamatan ini diperkirakan menelan biaya kurang lebih Rp 70 miliar yang sumbernya dari APBN .(tony)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar