Stabil, Harga Beras di Tasikmalaya

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (Tubas) – Panen raya padi di sejumlah daerah di Kabupaten dan Kota Tasikmalaya membuat harga beras di sejumlah pasar tradisional di wilayah itu menjadi relatif stabil. Tapi, harga gabah mengalami fluktuasi.

“Pekan pertama Mei baru lalu harga beras tidak mengalami perubahan yang signifikan. Beras IR KW 1 Rp 6.000 dan KW 2 Rp 5.800 per kg,” kata Kepala UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, Ade Supriadi kepada tubasmedia.com, di kantornya, baru-baru ini.

Menurut Ade semua beras yang dijual di lingkungan pedagang beras di Pasar Cikurubuk sebagian di antaranya dikirim dari Banjar, Ciamis dan Tasikmalaya. Namun saat ini belum bisa memerinci jumlah beras yang keluar masuk atau beredar di lingkungan Pasar Cikurubuk. Harga Gabah Kering Giling (GKG) berkisar Rp 3.200 hingga Rp 3.500 per kg.

Memasuki panen raya, sejumlah konsumen berharap harga bukan hanya stabil tetapi diikuti dengan turunnya harga beras di pasaran. Begitu pula harga sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di pasar Cikarubuk dalam beberap bulan terakhir ini juga stabil.

Pasokan bahan kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti sayur-sayuran dan lainnya relatif lancar. “Dengan adanya penambahan kios untuk para pedagang kaki lima (K-5) yang digagas Himpunan Pedagang Kaki Lima Pasar (HPKP) Cikarubuk, secara tidak langsung akan menambah PAD dan tertibnya para pedagang K-5,” kata Ade. (hakri miko)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.