Sultan Minta Siswa Percaya Diri Hadapi UN

Laporan : Redaksi

Sri Sultan Hamengku Buwono X

Sri Sultan Hamengku Buwono X

YOGYAKARTA, (Tubas) – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, meminta para siswa peserta Ujian Nasional (UN) di DIY percaya diri dalam menghadapi UN dan tidak mudah percaya dengan beredarnya kunci jawaban melalui SMS.

Ketika berbicara di depan forum pertemuan dengan 750 perwakilan siswa peserta UN se-DIY di auditorium SMK 1 Kasihan Bantul, Rabu (13/4), Sri Sultan juga meminta peserta UN agar berani mengandalkan kemampuan dirinya serta jujur dalam meraih keberhasilan.

“Ingat. Para siswa hendaknya jangan pernah percaya pada bocoran soal atau kunci jawaban yang beredar lewat SMS dan sebagainya itu. Itu adalah penyesatan dan bohong. Kita harus percaya pada kemampuan diri sendiri, dan jujur,” pinta Sri Sultan.

Sri Sultan mengingatkan, soal UN pada dasarnya merupakan dokumen yang masuk klasifikasi rahasia negara. Karena itu segala proses pembuatan hingga distribusinya senantiasa diawasi aparat. “Sehingga jika sampai ada peredaran kunci jawaban, sangat jelas itu merupakan kebohongan,” jelasnya.

Selain meminta untuk percaya diri, Sri Sultan juga menghimbau semua siswa peserta UN mempersiapkan fisik dan stamina. Peserta UN diminta pula agar pandai dalam membagi waktu untuk konsentrasi pada materi ujian serta menjaga stamina diri.

Sedang kepada para guru Sri Sultan meminta jangan hanya memberikan pendalaman berupa materi ujian saja, tetapi juga memperhatikan pendalaman secara psikologis. Pendalaman psikologis itu perlu dalam upaya menumbuhkan rasa percaya diri pada para siswa peserta UN. (S Eka Ardhana)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.