Sumut dan Kalteng, Jadi Lumbung Pangan

JAKARTA, (tubasmedia.com) –  Presiden Joko Widodo memamerkan rencana pembangunan lumbung pangan nasional di Indonesia. Ada dua lokasi yang bakal jadi calon lumbung pangan (food estate) pertama di Indonesia ini, Sumatera Utaradan Kalimantan Tengah.

Saat ini, lumbung pangan alias food estate ini baru akan dikembangkan di dua provinsi. Ke depan akan menyusul provinsi-provinsi lain.

“Saat ini sedang dikembangkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatera Utara dan akan dilakukan di beberapa daerah lain,” ujar Jokowi saat pidatonya di acara Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR & DPD RI 2020 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Jokowi mengatakan, pengembangan food estate penting dilakukan demi mencapai ketahanan pangan. Jokowi ingin menjamin kelancaran pasokan makanan dari hulu ke hilir.

“Efisiensi produksi pangan, peningkatan nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi, dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan. Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri,” ujarnya.

Jokowi juga menyebut, banyak pihak turut serta bersama pemerintah mengembangkan program ini.

“Program ini merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja,” ujarnya.(sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar