Susi Pudjiastuti Jadi Menteri Bermodalkan Ijazah SMP

Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi -JK 2014-2019, Susi Pudjiastuti.

Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi -JK 2014-2019, Susi Pudjiastuti.

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Pemilik maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti, Senin (27/10) dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja Jokowi -JK 2014-2019. Susi Pudjiastuti adalah potret perempuan pekerja keras yang merintis usahanya dari titik terbawah.

“Susi memulai usaha dari jualan ikan di TPI (Tempat Pelelangan Ikan),” kata Presiden Jokowi saat memperkenalkan sosok Susi Pudjiastuti, Minggu (26/10) di halaman belakang Istana Negara, Jakarta.

Susi lahir pada tanggal 15 Januari 1965. Dia pernah bekerja di tempat pelelangan ikan di Pantai Pangandaran, Jawa Barat saat masih remaja. Bahkan, saat itu Susi Pudjiastuti memilih droup-out dari SMA demi menekuni pekerjaannya. Keuletan dan ketekunannya membawa Susi menjadi pengusaha eksportir ikan. Susi adalah Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product, perusahaan yang hasil perikanannya telah diekspor sampai Asia dan Amerika Serikat.

Susi adalah putri dari pasangan juragan sapi Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah dari Jawa Tengah. Istri dari lelaki Jerman bernama Christian von Strombeck ini juga pendiri maskapai penerbangan Susi Air. Selain itu, Susi Pudjiastuti juga membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Tidak terhitung lagi banyaknya penghargaan yang melekat pada pengusaha wanita sukses ini. Susi dikenal sebagai pekerja keras nan gigih. Beberapa penghargaan yang diraihnya antara lain Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden RI. Tidak hanya itu, Susi juga meraih Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005, Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo, dan Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2009. (sis)

Berita Terkait

Komentar

Komentar