Sweeping Produk Prancis Justru Rugikan Pedagang di Indonesia

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Wakil Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem, Ahmad Sahroni menyebut aksi sweeping produk Prancis justru merugikan pedagang di Indonesia. Aksi itu dinilai tidak akan berdampak pada Prancis.

“Sweeping ini nggak ada dampak sama sekali buat Prancis, malah merugikan pedagang yang sesama orang Indonesia,” kata Sahroni kepada wartawan, Kamis (5/11).

Menurutnya, Polri harus menindak tegas masyarakat yang melakukan aksi sweeping tersebut. “Polisi harus cegah dan tindak tegas oknum-oknum yang berbuat. Nggak ada hubungannya protes terhadap Macron dengan merusak barang jualannya pedagang di Indonesia,” tegasnya.

Ahmad juga meminta masyarakat tidak bertindak gegabah. Aksi sweeping produk Prancis dinilainya sebagai tindakan yang salah kaprah. “Masyarakat nggak bisa lakukan hal demikian (sweeping produk Prancis). Itu sangat merugikan orang lain yang berdampak, membabi buta, dengan demikian sama saja kayak teroris,” ujar Sahroni.

Sementara itu, pihak kepolisian belum menemukan adanya unsur pidana terkait aksi membakar produk-produk Prancis yang dilakukan massa dari Gerakan Pemuda Islam (GPI), pada Selasa (3/11). Itu karena produk-produk Prancis yang dimusnahkan tersebut telah dibeli.

“Sementara kita belum atau tidak temukan unsur pidananya,” kata Kanit Reskrim Polsek Menteng Kompol Gozali Luhulima, Kamis (5/11).

Berkenaan dengan itu, Gozali menyampaikan, pihaknya telah melakukan langkah antisipatif terhadap maraknya ajakan memboikot produk-produk Prancis.

Di sisi lain, dia menegaskan apabila ditemukan adanya tindakan-tindakan yang mengarah pada pelanggaran aturan, akan diproses hukum.

“Antisipasi pasti. Kalau ada yang melakukan tindak pidana, pasti kita tindak,” katanya.(sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar