Tablet Avigan Dapat Sembuhkan Pasien Corona

PEKANBARU, (tubasmedia.com) – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan, obat antivirus Avigan dapat membantu kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Terbukti, sejumlah pasien Covid-19 mulai membaik setelah diberi obat tersebut.                     “Kita sudah mencoba memberikan obat Avigan kepada beberapa pasien positif Covid-19. Hari ini kita berkomunikasi dengan beberapa pasien lewat virtual awalnya indra pengecap dan penciuman pasien hilang, hari ini sudah bisa merasakan. Makan dan minum sudah enak, serta bernapas dengan segar,” sebut Agung, Minggu (20/9/2020).

Bahkan, kata dia, sebagian besar kondisi pasien yang sudah diberikan Avigan menunjukkan kesembuhan. Agung menyampaikan, obat Avigan atau Favipiravir originator dari Jepang itu sudah tersedia di Pekanbaru sejak sepekan yang lalu. Obat antivirus ini akan diberikan ke rumah sakit di Riau untuk penyembuhan pasien positif Covid-19.

“Kita sudah menerima 10 paket Avigan untuk membantu menangani pasien Covid-19. Dan kita Satgas Penanganan Covid-19 Riau akan mendapatkan stok prioritas. Hari ini, kita juga menyerahkan bantuan Avigan di Aulia Hospital,” kata Agung yang didampingi Direktur RS Bhayangkara Polda Riau, drg Agung Wijanarko, Kabiddokes Polda Riau, dr Priyo Kuncoro, Direktur Aulia Hospital dr Ranika Paramita dan tenaga kesehatan lainnya.

Ia menyebut, di Aulia Hospital saat ini ada 42 pasien positif Covid-19 yang harus dibantu kesembuhannya. Sebab, para pasien ada yang mengalami gejala ringan, sedang hingga berat.

“Jadi di samping kita menyerahkan bantuan Avigan dan vitamin, kita juga mengecek bagaimana penanganan Covid-19 oleh rumah sakit. Setelah kita lihat, penanganan kasus Covid-19 di Aulia Hospital sudah bagus,” kata Agung.

Selain Avigan, Agung juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan tersedia obat antivirus Remdesivir. “Saya sudah komunikasi langsung dengan Kepala Badan POM RI, Ibu Penny K Lukito. Beliau sampaikan Remdesivir akan segera tersedia di Indonesia. Kami juga sudah mengontak langsung pemegang lisensi Remdesivir di Jakarta dan meminta secara khusus kedatangan pertama obat injeksi Remdesivir di Indonesia. Provinsi Riau dipastikan akan mendapatkan alokasi stok, karena termasuk dalam provinsi yang kasus positif Covid-19 sangat tinggi,” terang Agung.

Agung berharap, dengan bantuan obat antivirus ini dapat menyembuhkan para pasien positif Covid-19 di Indonesia. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar