Tahukah Anda Menggunakan Masker yang Benar? Begini Caranya….

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan semua orang menggunakan masker saat berada di tempat umum untuk mencegah penularan virus corona baru atau COVID-19.

Pemerintah Indonesia juga telah mewajibkan penggunaannya saat keluar rumah. Karena masker langka, banyak orang yang akhirnya membuat masker kain sendiri di rumah.

Terdapat beberapa kesalahan umum penggunaan masker yang harus Anda hindari. Dilansir dari Times of India, Rabu, 8 April 2020, berikut beberapa di antaranya:

  1. Hanya menutupi mulut atau ukurannya tidak pas

Masker apa pun yang Anda gunakan, baik masker bedah maupun masker kain, pastikan itu  menutupi area hidung dan mulut dengan ukuran yang pas. Masker yang hanya menutupi area mulut dapat memungkinkan kuman dan virus masuk ke dalam saluran hidung dan menyebarkan infeksi.

Selain itu, masker yang tidak pas juga tidak efisien dalam menghentikan transmisi virus. Oleh karena itu, sangat penting Anda memastikan masker yang Anda kenakan memiliki ukuran pas menutupi wajah Anda.

  1. Memakai dan melepas masker terburu-buru

Kesalahan lain yang banyak dilakukan orang adalah memakainya atau melepasnya dengan terburu-buru. Ada prosedur penggunaan masker yang perlu Anda ketahui. Sebelum mengenakannya, pastikan tangan Anda bersih dan disterilkan sehingga Anda tidak menyebarkan kuman ke masker, baru memakainya sebelum keluar rumah.

Melepasnya pun dengan cara yang sama, jangan terburu-buru. Setelah kembali ke rumah, bersihkan tangan dan lepaskan masker dengan memegang tali di kedua sisinya. Anda juga dapat menggunakan air panas untuk mencuci atau mendisinfeksi masker kain buatan sendiri setiap kali Anda melepasnya.

  1. Menyentuh masker

Hindari menyentuh masker. Selain melepasnya dengan memegang tali di kedua sisinya, penting juga untuk tidak menyentuh bagian luar masker. Bagian depan topeng atau bagian luar (terutama masker buatan sendiri) dapat menjadi tempat yang mudah terkontaminasi dan dapat menyebarkan kuman ke permukaan lain.

  1. Melepas masker saat bicara

Berbicara dengan memakai masker mungkin tampak sulit, tetapi itu tidak berarti Anda melepasnya untuk berbicara dengan orang di sekitar Anda. Ingat, virus corona menyebar melalui tetesan pernapasan. Virus itu dapat menyebar jika Anda berbicara dengan orang yang terinfeksi (ingat, kadang-kadang orang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apa pun).

Memakai masker wajah dapat menurunkan penyebaran infeksi. Tapi ingat, ini baru bekerja jika Anda juga menjalankan langkah-langkah keamanan lain seperti sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya 20 detik, sanitasi, dan menjaga jarak sosial. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar