Tahun Depan, PSB Dilaksanakan Serentak

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

PALEMBANG, (TubasMedia.Com) – Penerimaan siswa baru (PSB) tingkat SD, SMP, dan SMA tahun ajaran 2014-2015 akan dilakukan serentak, kata Kadis Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Kadisdikpora) Palembang, Ahmad Zulinto SPd MM, minggu pekan lalu. Kebijakan ini sebagai upaya pemerataan pendidikan di Palembang dan memberikan hak yang sama untuk seluruh siswa.

“PSB untuk SMP dan SMA akan dilakukan serentak mulai tahun depan. Mudah-mudahan tidak ada perbedaan apa pun untuk anak-anak di Palembang,” ungkapnya. Menurut Zulinto, beberapa sekolah eks Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) selama ini selalu melaksanakan PSB lebih dulu dari sekolah negeri reguler lainnya. Ini membuat beberapa pihak beranggapan siswa di sekolah negeri reguler merupakan siswa “sisa” yang tidak lulus di beberapa sekolah eks RSBI. Misalnya tes PSB di SMA Plus Negeri 17 Palembang. Setiap tahunnya diikuti ribuan calon siswa.

Namun, pada akhirnya hanya segelintir saja yang berhasil lolos menjadi siswa. Hal ini, terang Zulinto, rentan menimbulkan kecurangan yang sering dilakukan beberapa oknum memasukkan calon siswa melalui jalur belakang. “Kita mencoba juga untuk meminimalisir kecurangan yang mungkin terjadi dalam tes PSB. Kita tidak ingin anak menjadi siswa di sekolah favorit, tetapi dengan jalur yang tidak baik,” ujarnya.

Dengan serentaknya pelaksanaan tes PSB, lanjut dia, akan menunjang peningkatan kualitas dari sekolah swasta yang ada. Sekolah swasta juga tidak hanya akan menerima calon siswa yang tidak lulus di sekolah eks RSBI dan sekolah negeri reguler. “Kualitas yang mereka miliki akan ditingkatkan karena mereka juga berusaha bersaing dengan sekolah negeri reguler,” ujarnya. (sis)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar