Site icon TubasMedia.com

Tanam Pohon, Menperin Inginkan Kawasan Industri Teduh dan Tak Lagi ‘Angker’

TANAM POHON – Menteri Perindustrian Saleh Husin didampingi oleh Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar dan Presiden Direktur Karawang International Industrial City (KIIC) Hisashi Akita menanam pohon rasamala saat menghadiri acara peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Gerakan Penghijauan dan Penanaman Pohon di Kawasan Industri, Karawang, Kamis (2/6/2016). (ist/tubasmedia.com)

 

KARAWANG, (tubasmedia.com) –  Menteri Perindustrian Saleh Husin mengajak pengelola dan perusahaan yang mendirikan pabrik di kawasan industri menanam lebih banyak pohon sehingga mengubah lanskap kawasan menjadi lebih asri, teduh, nyaman dan tidak lagi terlihat tandus.

“Selama ini kalau kita perhatikan, kawasan industri itu terkesan gersang, panas, kaku bahkan ‘angker’ karena keberadaan bangunan pabrik-pabriknya. Saya yakin dengan menanam dan memelihara pohon maka kesan itu akan berangsur hilang dan bahkan meningkatkan produktivitas pekerja,” kata Menperin usai melakukan penanaman pohon rasamala di kawasan industri Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/6/2016).

Menteri Saleh hadir pada acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dan Gerakan Penghijauan dan Penanaman Pohon di Kawasan Industri. Lingkungan yang asri dan teduh dinilai menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif sehingga berdampak positif bagi kinerja karyawan.

Secara khusus, Menperin juga meminta Himpunan Kawasan Industri mengajak pengelola dan perusahaan yang beroperasi di kawasan industri di Indonesia turut melakukan penghijauan. Menurut catatan Kemenperin, saat ini terdapat 74 kawasan industri di Indonesia dengan total luas lahan mencapai 30 ribu hektare.

“Jika langkah yang sama ini dilakukan oleh banyak pihak dari individu hingga korporasi, maka kontribusi bagi lingkungan global terhitung besar. Kita lakukan dari menanam bibit dan tidak terasa 5-10 tahun lagi akan begitu rindang,” ujarnya sembari mengapresiasi KIIC yang juga membagikan bibit tanaman buah mangga, rambutan, lengkeng dan lain-lain pada para hadirin.

Penanaman pohon ini sejalan dengan peraturan pengembangan kawasan industri, salah satu persyaratan adalah adanya Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar minimal 10 persen. “Gerakan tanam pohon ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan komitmen pengembang dan pengelola kawasan industri terhadap pelestarian lingkungan,” ujar Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri Sanny Iskandar.

Keberadaan kawasan industri, imbuhnya, memiliki manfaat utama yaitu pengaturan dan penerapan tata ruang wilayah; pengendalian pencemaran lingkungan; pemusatan dan efisiensi penyediaan dan pengoperasian infrastruktur; peningkatan pertumbuhan industri dan ekonomi sosial.

Masih dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup ini, KIIC bekerja sama dengan Kemenperin dan HKI mengajak semua kalangan menanam 400 bibit pohon. Selain itu juga didistribusikan 2.100 bibit untuk ditanam di Desa Wanakerta, Karawang. (sabar)

 

Exit mobile version