Tanggul Marunda Terancam Jebol

Laporan : Roris

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Warga yang bermukim di Kampung Marunda Pulo, RW 07, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara belakangan ini diresahkan dengan kondisi tanggul yang berada tepat di pesisir pantai Marunda. Bagaimana tidak, tanggul yang memisahkan pantai dengan pemukiman warga itu kini kondisinya sangat memprihatinkan dan terancam jebol. Di beberapa bagian tanggul terlihat amblas. Jika kondisi ini terus dibiarkan tentu saja pemukiman warga terancam bakal tergenang.

Bagian tanggul yang amblas terdapat di empat titik yakni, di sisi timur amblas sedalam 1,5 meter dengan lebar hampir satu meter. Sedangkan di tiga titik lainnya, amblas dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter dengan lebar hampir satu meter. Parahnya lagi, bagian tanggul yang mengalami amblas jaraknya berdekatan antara satu dengan lainnya. Tak pelak, kondisi demikian pun menjadi perhatian dari warga yang bermukim tak jauh dari tanggul.

Ketua RT 03/07, Marunda Pulo, Usmas mengatakan, bagian timur tanggul, pembangunannya tidak kembali dilanjutkan karena terkendala masalah pembebasan lahan. Alhasil, celah-celah tanggul berbentuk lubang besar itu sangat mudah dimasuki air laut dan menggerus bagian tanggul yang menyebabkan tanggul rentan akan jebol.

Dijelaskan Usman, awalnya, lubang besar itu hanya berukuran kecil yakni hanya berdiameter 10 sentimeter. Namun, lama kelamaan, lubang itu membesar sehingga menyebabkan bagian tanggul seperti amblas. “Agar tidak semakin besar, oleh warga lubang itu kemudian ditutupi dengan sampah,” ujar Usman, Kamis (24/3).

Menanggapi hal itu, Kepala Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Rifig Abdillah menuturkan, akan mengecek ke lapangan dan segera melaporkannya ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta. “Kami segera melakukan pengecekan, secepatnya kami akan buat laporannya ke Dinas PU untuk dilakukan penanganan selanjutnya,” katanya. ***

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.