Tapanuli Utara Gelap Gulita, Akibat Diguncang Gempa

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Gempa bumi dengan kekuatan 6,0 Skala Richter (SR) guncang Kabupaten Tapanuli Utara. Guncangan gempa begitu terasa di Kota Tarutung hingga memaksa warga lari keluar rumah.

Hingga saat ini, masyarakat Taput masih di luar rumah sambil berjaga-jaga karena khawatir gempa susulan.

Dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan,  kekuatan gempa Magnitudo 6.0 terjadi pada Sabtu (1/10/2022) pada pukul 02:28:41 WIB.

Lokasi gempa pada 2.13 Lintang Utara, 98.89 Bujur Timur atau sejauh 15 km Barat Laut Tapanuli Utara pada kedalaman 10 kilometer.

“Dirasakan di Tarutung SUMUT VI MMI, Singkil-Aceh IV MMI, Tapaktuan-Aceh III MMI, Gunung Sitoli-SUMUT III MMI,” demikian keterangan tertulis pihak BMKG Sumut.

Seorang warga Taput, Aiptu Walpon Baringbing menjelaskan, saat ini Tarutung gelap gulita.

“Arus listrik padam, masyarakat merasakan gempa sangat kuat dan beruntun. Kami sudah berada di luar rumah. Kami masih menunggu di luar rumah,” ujar Aiptu Walpon Baringbing, Sabtu (1/10/2022).

“Sebagian masyarakat sudah mengungsi juga,” terangnya.

Dari informasi yang beredar, ada beberapa bangunan di Taput yang rusak akibat gempa tersebut. Namun, secara pasti belum ada pemberitahuan pihak terkait.

“Belum ada kita ketahui soal kerusakan karena lampu di sini pun mati,” terangnya. Hingga saat ini, masyarakat Taput masih tetap waspada.

Berikut tindakan yang perlu Anda lakukan saat terjadi gempa, dihimpun dari laman BMKG:

  1. Tetap Tenang

Saat gempa terjadi, berusahalah untuk tidak panik dan tetap tenang!

Tarik napas dalam-dalam, lalu lihatlah keadaan sekitar dan pilihlah tempat yang aman untuk berlindung.

  1. Di Dalam Rumah

Jika pada saat gempa sedang berada di dalam penginapan, berusahalah menyelamatkan diri dan orang yang ada di sekitarmu.

Berlindung di bawah meja adalah tempat terbaik untuk melindungi diri dari benda-benda yang berjatuhan akibat gempa.

Setelah itu, lindungi kepala dengan benda empuk. Misalnya bantal, helm, papan, atau yang paling praktis kamu bisa menggunakan kedua tangan dengan posisi tertelungkup.

  1. Di Luar Ruangan

Jika pada saat gempa terjadi kamu sedang berada di luar ruangan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah bergerak menjauhi gedung dan tiang lantas menuju daerah terbuka.

Tetap tenang dengan menarik napas dalam-dalam dan jangan lakukan apapun. Sebab, biasanya setelah gempa pertama akan terjadi gempa susulan.

  1. Di Kerumunan

Jika saat itu kamu sedang berada di kerumunan, biasanya akan terjadi kepanikan. Untuk mengindari hal tersebut kamu bisa perhatikan arahan petugas penyelamat dan usahakan langsung menuju ke tangga darurat untuk menuju ke daerah terbuka.

  1. Di Gunung Atau Dataran Tinggi

Jika gempa terjadi saat kamu sedang berada di gunung, bergeraklah menuju daerah lapang untuk berlindung. Hindari daerah dekat lereng karena ada kemungkinan akan menimbulkan longsor dan mengancam keselamatan jiwa.

  1. Di Laut

Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. Jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.

  1. Di Dalam Kendaraan

Bagi yang sedang melakukan perjalanan saat terjadi gempa, berpeganglah erat agar tak terjatuh. Berhentilah di tempat yang lapang dan berhentilah di sana.(roris)

 

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.