Taput Gowes akan Dielar Di Pulau Si Bandang Muara

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) akan mempromosikan Pariwisata melalui Perhelatan Gowes di Pulau Sibandang Muara Tapanuli Utra Sumatera Utara yang akan dilaksanakan Minggu 2 September 2022 menelusuri bukit dan Pantai Danau Toba  Pulau Sibandang.

Demikian  Kabid Pengembangan Sumberdaya  Pariwisata Taput Esthomihi Sihombing menjelaskan baru baru ini kepada tubasmedia.com  saat sosialisasi Ekowisata di Muara.

Esthomihi berujar jikalau kegiatan sepeda santai atau gowes berkeliling menikmati Danau Toba sembari menghirup udara segar itu akan dimulai dari Huta ginjang menuju Pulau Sibandang Muara.

Dimanna pagelaran Gowes itu nantinya akan menjadi salah satu program untuk mempromosikan wisata Danau Toba yang terkenal Indah itu.

Kegiatan itu diharapkan akan dapat memanjakan mata peserta dan pengunjung dengan demikian Muara akan semakin dikenal banyak orang tutur Esthomihi.

“Rute gowes berkeliling Pulai Sibandang yang masih asri itu tentu akan menyuguhkan pemandangan kesegaran bagi peserta yang nantinya akan diceritakan ke daerah masing masing”sebutnya.

Kita berharap,masyarakat juga ikut bersepeda fun bike ini dengan demikian Pulau Sibandang dengan Pantai Danau Toba yang Indah akan semakin terkenal dan terpelihara.

Selain menikmati pemandangan dan Pantai yang Indah dan erotis juga ada situs seperti Istana Raja Silintong dan tor tor Hoda hoda di Desa Sibandang dan kegiatan Ibu ibu bertenun tradisional di Desa Papande, serta pemandang yang menakjubkan di Desa Sampuran dimana sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan bentangan Pulau Samosir dan Dolok Pusuk Buhit yang konon disebut sebutkan merupakan asal muasal orang Batak terlihat jelas menjulang tinggi dari Desa Sampuran.

Kata dia, peserta Taput Gowes itu akan diikuti sekitar 500 atlit yang berasal dari berbagai daerah Sumut seperti Medan, Deliserdang,  Simalungun,Pematang Siantar,  Toba,Humbahas Tapteng, dan lai lain dan tentu dari Taput.

Pulau Sibandang adalah salah satu Pulau di Danau Toba,  dihuni kurang lebih 3.000 orang penduduk tinggal di 3 Desa yaitu Desa Sibandang,  Desa Sampuran dan Desa Papande  Kecamatan Muara.  dimana pada awalnya Pulo Sibandang dikenal dengan sebutan Pulau Pardopur karena dihuni pertama sekali oleh Pardopur Raja Guk guk.(edison ompusunggu)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.