Tari Besek Rebut Juara Parade Tari Nusantara

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Tari Besek, tarian khas daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi pemenang parade tari nusantara yang di selenggarakan pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pekan lalu, di gedung Sasono Langen Budoyo TMII.

Menurut Kahumas TMII Suryandoro pemenang parade tari nusantara ke 29 yang diselenggarakan TMII, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil meraih juara umum lomba tari nasional dan berhasil mengantongi piala tetap Menteri Kebudayaan dan Pariwisata serta Piala Bergilir Ibu Tien Soeharto.

Peserta dari  membawakan Tari Besek, yang merupakan tarian asal Flores, terinspirasi dari budaya petani jagung di Flores, NTT. “Gerakan dinamis dan penuh semangat yang ditampilkan para penari merupakan koreografi dan simbol cara menanam, menyiram, dan memelihara tanaman jagung serta semangat untuk menjaganya dari binatang buas. Besek sendiri merupakan wadah penyimpanan jagung yang terbuat dari anyaman daun” jelasnya kepada tubasmedia.com.

Peserta yang ikut dalam perlombaan itu sebanyak 31 perwakilan dari 31 provinsi yang ada di Indonesia. Parade tari dibuka Kusnan A Halim, Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Kementerian Dalam Negeri. Lima juri dari tokoh seni, yakni dari Direktur Seni Pertunjukan Kembudpar Sulistyo Tirtokusuma, Rektor ISI Yogyakarta Hermin Kusmayati, Guru Besar ISI Solo Sri Hastanto, dosen IKJ Retno Maruti, Direktur Operasional TMII Ade F Meyliala, dan Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Sri Minarni. (gunawan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar