Tasikmalaya Kota Termiskin. Penyebabnya ?

miskin

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com) – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), saat ini Kota Tasikmalaya tercatat sebagai kota termiskin di Jawa Barat. Penyebabnya? Merespon predikat kemiskinan sekaligus apa penyebabnya, saat dikonfirmasi tubasmedia.com, Jumat (19/6/15) Wakil Walikota (Walkot) Tasikmalaya, Ir. Dede mengakui.

Maka oleh karena itu menurut Dede, saat ini Pemerintah Kota Tasikmalaya, melalui Bappeda, berencana akan menggenjot pembenahan kawasan kumuh kota mulai tahun ini. Menurut Kepala Bappeda Kota Tasikmalaya, Tarlan, pada tahun 2019 semua kawasan kumuh yang sekarang ada yang sudah bisa tertata.

Rencananya, setiap tahun pembenahan akan difokuskan pada 4-6 titik kawasan kumuh. Sanitasi, kebersihan, ketersediaan air bersih, hingga infrastruktur dan sarana kebutuhan publik akan menjadi sasaran pembenahan.

Sekitar 17% (sekitar 102 ribu jiwa dari total 600 ribu jiwa ) penduduk di kota ini berkutat dengan berbagai masalah kemiskinan. Salah satu Pekerjaan Rumah (PR) besar Kota Tasikmalaya adalah penataan kawasan kumuh, setidaknya saat ini ada sekitar 252 hektar kawasan kumuh yang tersebar di 18 titik di Kota Tasikmalaya.

Kawasan kumuh yang ada di daerah fungsional perkotaan seperti Tawang, Cipedes dan Cihideung akan mendapat prioritas pembenahan lebih dulu. Adapun anggaran yang akan digelontorkan Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk membenahi kawasan kumuh di Kota Tasikmalaya adalah senilai Rp 18 miliar.

Masih menurut Tarlan, pembenahan kawasan kumuh saja tidak akan cukup untuk memperbaiki Tasikmalaya. Diperlukan juga pembenahan SDM. “Jangan sampai, secara fisik kawasannya dibenahi, tapi SDM nya malah merusak. Kalau begitu, nanti yang sudah dibenahi akan jadi kumuh lagi,” tandasnya. (hakri miko)

Berita Terkait

Komentar

Komentar