Tasikmalaya Ranking Kedua Rawan Bencana Alam

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, H. Yadi Yuliadi Jumadi, mengatakan, secara nasional Tasikmalaya menempati urutan kedua sebagai kawasan rawan bencana alam. Indikatornya, banyaknya wilayah yang masuk dalam kategori rawan kebencanaan, di antaranya rawan longsor, pergeseran tanah, puting beliung, tsunami hingga ancaman letusan gunung berapi.

Posisi ini merupakan rangking Kabupaten Tasikmalaya, setelah Kabupaten Garut yang berada di urutan pertama. Kondisi seperti ini jelas perlu diwaspadai oleh masyarakat yang berada di wilayah rawan kebencanaan. Wilayah rawan tanah longsor, terutama memasuki awal musim penggujan, Kabupaten Tasikmalaya memiliki 19 kecamatan yang masuk wilayah rawan tersebut.

Ke-19 kecamatan itu Rajapolah, Sukahening, Cisayong, Sariwangi, Cigalontang, Salawu, Mangunreja, Puspahiang, Taraju, Culamega, Sodonghilir, Bojonggambir, Bantarkalong, Jatiwaras, Salopa, Karangjaya, Gunungtanjung, Sukaraja, dan Bojongasih. Masyarakat perlu lebih waspada terutama bagi yang bermukin di dataran tinggi dengan kontur tanah perbukitan.

Tanah yang awalnya gersang dan kering akan menjadi lebih labil ketika diguyur hujan. BPBD berupaya menginstruksikan camat di 19 wilayah tersebut agar menyosialisasikan penanganan bencana kepada masyarakatnya setempat. (hakri)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar