Tekstil Indonesia Bisa Bersaing di AS

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Asosiasi Pertekstilan Indonesia ( API) berkomitmen untuk terus meningkatkan volume ekspor tekstil dan garmen seperti yang telah berjalan hingga saat ini dengan tujuan Amerika Serikat (AS).

Chairman Badan Pengurus Nasional API, Ade Sudrajat menjelaskan, hingga saat ini AS masih menjadi negara tujuan utama ekspor tekstil dan garmen Indonesia dengan nilai 4.7 miliar dollar AS pada 2018, disusul Jepang dan China.

Selain itu, menurut Ade, potensi ekspor tekstil ke Amerika masih sangat besar. Sebab, volume impor tekstil Amerika yang berasal dari Indonesia masih berada di kisaran 5 persen, dari volume total impor tekstil dan garmen Amerika.

API menilai, produk tekstil Indonesia bisa bersaing di pasar Amerika Serikat karena kualitas tekstil Indonesia sangat kompetitif. Meskipun utilisasi dari kapasitas produksi belum optimal.

Untuk terus memperbesar peluang ekspor itu, API melaksanakan pertemuan bisnis dengan Cotton Council International (CCI) Amerika Serikat, produsen kapas, serta pembeli utama tekstil dan garmen Indonesia di beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Tujuannya, untuk membahas impor kapas dan ekspor tekstil dan garmen Indonesia. Kegiatan bertajuk “2019 US Cotton Special Trade Mission from Indonesia Reception” itu menjadi salah satu agenda delegasi API dalam misi dagangnya ke Amerika Serikat. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar