Terjadi 69 Kali Gempa Susulan di Kabupaten Tapanuli Utara

TARUTUNG, (tubasmdia.com) – Hingga pukul 10.20 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, terjadi 69 kali gempa susulan di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10/2022).  Gempa tersebut menyusul gemba M6,0 sebelumnya.  Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho menyampaikan, hasil monitoring BMKG menunjukkan, 69 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) berkekuatan magnitudo terbesar M5,1 dan terkecil 2,4.

“Hingga pukul 10.20 WIB, sudah 69 kali terjadi gempa susulan,” ungkap Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, lewat keterangan resmi, Sabtu.

BMKG mencatat, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar besar Sumatera segmen renun.  Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip). 2 warga meninggal, 5 luka-luka Akibat gempa M6,0 tersebut, 2 orang dikabarkan meninggal dunia dan 5 orang luka-luka.

“Data yang kita terima sementara, 2 orang meninggal dunia karena serangan jantung saat dirawat di rumah sakit dan 5 orang mengalami luka-luka dan sedang ditangani di IGD,” ungkap Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Nikson menjelaskan, pusat gempa berada di daerah Parmonangan, Tapanuli Utara. Gempa ini merusak rumah dan bangunan di sana.  “Belum kita data sepenuhnya, tapi dari laporan sementara yang kita terima, ada bangunan kantor, terminal yang rusak dan beberapa tiang listrik yang roboh. Untuk infrastruktur lainnya masih kita lakukan pengecekan,” ungkap Bupati lewat keterangan resmi.

Bupati juga mendapat laporan rumah-rumah warga yang rusak. Untuk itu ia meminta semua pihak siaga dan waspada gempa susulan.

“Saya sudah minta laporannya kepada kepala desa dan Muspika yang ada, menyiapkan dapur umum, tenda darurat. Dan tetap waspada,” kata Bupati.

Sebelumnya diberitakan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, diguncang gempa magnitudo 6,0 pada Sabtu (1/10/2022) pukul 02.28 WIB. Pusat gempa berada di darat 15 km barat laut Tapanuli Utara. Gempa dirasakan (MMI) VI Tarutung, IV Singkil, V Sipahutar, III Tapaktuan, dan III Gunung Sitoli. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (roris)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.