Tidak Ada Klaim Minyak Kayu Putih untuk Mencegah Covid-19 dan Bukan untuk Diminum

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Ramai warganet di media sosial, membahas soal minyak kayu putih (eukaliptus) yang diminum untuk mengatasi gejala Covid-19.

Salah seorang selebgram di Instagram yang pertama kali memantik pembicaraan terkait penggunaan minyak kayu putih tersebut. Melalui Instagram Story, ia meminta saran kepada followernya apakah ia harus meminum air yang dicampur minyak eucalyptus untuk mengatasi indra perasa yang hilang akibat Covid-19.

Cerita tersebut diunggah kembali oleh akun @afrkml di Twitter yang mempertanyakan terkait konsumsi minyak kayu putih yang disebutnya dapat berbahaya.

Lantas, bagaimana penjelasan ahli atau dokter terkait hal ini? Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD mengatakan sejauh ini belum ada yang menyatakan minyak kayu putih atau sejenisnya, mencegah Covid-19.

“Tidak ada klaim minyak kayu putih untuk mencegah Covid,” kata Ari sepeeti dilansir Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Selain itu, ia juga menegaskan jenis minyak ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. “Tidak dianjurkan untuk diminum, ada pasien saya maagnya kambuh setelah minum minyak kayu putih,” jelas Ari. Hanya untuk penggunaan luar. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar