Tidak Puas, DPR Gulirkan Hak Interpelasi

271114-nasional-12

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al-Habsy mengatakan sejumlah anggota DPR menggulirkan hak interpelasi karena merasa tidak puas dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menaikkan harga BBM saat minyak mentah dunia harganya turun .

“Tak ada penjelasan sebelumnya kepada DPR mengenai alasan kenaikan harga BBM. Jadi sangat wajar bila kemudian, DPR mengajukan pertanyaan mengenai alasan pemerintah untuk mengambil kebijakan tersebut,”katanya di Gedung DPR, Kamis (27/11).

Menurut Aboe Bakar Presiden Joko Widodo jangan heran sejumlah anggota DPR berniat mengajukan hak interpelasi terkait kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.Pemerintahan sebelumnya berkali-kali menaikkan harga BBM tanpa ada interpelasi.Pemerintah Jokawi baru sekali menaikkan harga BBM langsung mau diinterpelasi.

Anggota Komisi III DPR itu menilai situasi politik pemerintahan saat ini berbeda dengan sebelumnya yang selalu berkonsultasi dengan DPR sebelum menaikkan harga BBM bersubsidi. Rencana kenaikan harga BBM selalu dijelaskan dan didiskusikan oleh eksekutif kepada legislatif. Sehingga tidak ada celah untuk mengajukan interpelasi, karena sejak awal alasan kenaikan harga BBM telah disampaikan. Hal itu tidak dilakukan oleh pemerintah saat ini. (nisa)

Berita Terkait