Tiga BUMN Siap Penuhi Cangkul di Dalam Negeri

arus-jpg2

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sepakat untuk memenuhi kebutuhan cangkul di dalam negeri. Kesepakatan ketiga BUMN untuk memenuhi kebutuhan cangkul nasional, sekaligus akan dapat menghentikan impor cangkul.

Hala itu dikatakan Direktur Industri Permesinan dan Alat Pertanian, Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan kepada wartawan di kantornya kemarin.

Ketiga BUMN tersebut adalah PT Krakatau Steel yang bertindak sebagai pemasok bahan baku industri cangkul, PT Boma Bosma Indra akan bekerjasama dengan para pelaku industri kecil untuk memproduksi cangkul dan ketiga PT Perusahaan Perdagangan Indonesia bertindak sebagai distributor.

Arus menyebut saat ini terdapat 3.219 unit usaha yang bergerak di bidang produksi cangkul. Namun karena keterbatasan bahan baku, para pelaku pandai besi yang tersebar di seluruh nusantara tidak bisa maksimal memenuhi kebutuhan cangkul secara nasional.

Tapi kini, lanjut Arus, para pandai besi tersebut, sesuai janji PT Krakatau Steel, tidak perlu lagi ragu tentang pasokan bahan baku sehingga produksi cangkul di dalam negeri dipastikan akan tercukupi.

Ditanya tentang harga bahan baku yang dipasok PT Krakatu Steel apakah kompetitif disbanding dengan harga cangkul impor, Arus mengatakan kalau hal itu sedang dihitung.

‘’Tapi saya yakin, harga produk dalam negeri nantinya akan jauh lebih murah dibanding cangkul impor. Di bawah harga impor China,’’ tegasnya. (sabar)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar