Tiga Pekan Puasa, Harga Sembako Cenderung Turun

 

MEDAN, (tubasmedia.com) – Harga sejumlah kebutuhan pokok di pekan ketiga ramadan cenderung turun. Hanya daging ayam yang mengalami kenaikan menjadi Rp 28.000 dari sebelumnya Rp 22.000/kg-nya.

Untuk harga telur ayam saat ini dijual berkisar Rp 27.000/satu papan. Sementara itu untuk harga cabai masih bertahan dikisaran Rp 16.000/kg. Harga cabai ini terbilang masih sangat murah karena ditopang oleh banyaknya stok cabai di masyarakat.

Selain cabai, harga gula pasir juga terus mengalami penurunan. Saat ini dijual dikisaran Rp 15.000 hingga Rp 16.000/kg. Tren penurunan harga gula putih ini sangat diharapkan masyarakat karena pernah menyentuh di atas Rp 20.000/kg.

“Dari hasil pantauan, hanya itu kebutuhan pokok yang mengalami perubahan harga. Kenaikan harga daging ayam yang tinggi tidak bisa disimpulkan bahwa terjadi pemulihan daya beli yang membuat harganya beranjak naik,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (12/5/2020).

Gunawan mengatakan, banyak yang justru THR-nya turun atau tidak mendapatkan THR sama sekali. Sehingga, daya beli masih mengalami masalah sampai nantinya aktivitas ekonomi kembali normal. Di tengah keprihatinan tersebut, disarankan agar masyarakat berbelanja bijak. Tidak berlebihan, dan memikirkan kemampuan belanja kebutuhan pokok kedepan. Prioritaskan pengeluaran rumah tangga untuk kebutuhan pokok terlebih dulu, dibandingkan pengeluaran lain yang tidak urgen.

Khusus untuk kenaikan harga daging ayam, kata Gunawan, masih dalam tahapan evaluasi tim-nya. Apakah kenaikan ini karena stok yang memang masih ditahan di kandang, atau memang dikarenakan konsumsinya yang mengalami kenaikan.

“Seminggu sebelum lebaran nantinya akan terlihat bagaimana perkembangan harga daging ayam itu sendiri. Karena jika melihat harga telur ayam, justru trennya malah mengalami penurunan,” kata Gunawan.

M Suti, salah seorang pedagang di Pasar Setia Budi Medan, mengatakan, ramadan kali ini pembeli memang sepi. “Mungkin itu yang membuat harganya stabil. Bahkan ada yang turun. Seperti cabai. Sebelum puasa harganya Rp 24.000-an/kg. Tapi sekarang hanya Rp 16.000/kg,” katanya. (red)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar