Tiket KA Ekonomi Naik 100 %

galeri_lok_cc2061
JAKARTA, (tubasmedia.com)– Mulai hari ini, 1 April 2015 tarif Kereta Api (KA) Ekonomi untuk jarak menengah dan jarak jauh mengalami kenaikan. Tingkat kenaikan Tiket KA Ekonomi bervariasi tergantung jarak. Ada KA ekonomi yang naik sampai 100%, seperti KA Serayu (Jakarta Kota-Kroya-Purwokerto) dari Rp 35.000 menjadi Rp 70.000. Kenaikan rata-rata KA ekonomi berkisar 30%.
Meski ada kenaikan tarif, penjualan tiket KA Ekonomi terbilang tetap laris. Untuk libur panjang yang terjadi minggu ini, tiket KA Ekonomi sudah terjual hampir 90%.

“Tarif baru berlaku 1 April 2015. Meski ada tarif baru, penumpang tidak terpengaruh. Untuk weekend ini saja, tiket terjual 90% untuk rute timur ke Jawa Timur dan Jawa Tengah,” kata Kepala Humas KAI Agus Komarudin, Rabu (1/4/2015).
Pemesan tiket kereta untuk akhir pekan pasca penyesuaian tarif rata-rata mencapai angka 62%. Pemesan sudah dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan.

Penyesuaian tarif baru ini karena ada beberapa pertimbangan. Pertama fluktuasi harga bahan bakar minyak (BBM), perubahan margin dalam perhitungan biaya operasional KA ekonomi yang semula 8% menjadi 10%, serta adanya fluktuasi kurs yang berpengaruh terhadap harga suku cadang. Saat ini KAI masih mengimpor 90% suku cadang untuk lokomotif maupun kereta. (ril/sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar