Tim Auditor WQA Lakukan “Continuous Audit” di USB

usb

SURAKARTA, (tubasmedia.com) – WQA (Worldwide Quality Assurance) selaku Badan Sertifikasi Internasional melakukan Continuous Audit yang ke-3 dan ke-4 di Universitas Setia Budi Surakarta pada Selasa (9/6) dan Rabu (10/6). Tipe audit yang dilakukan kali ini adalah audit surveillance. Kriteria audit dan referensi dokumen dalam audit ini adalah ISO 9001:2008. Hadir sebagai tim auditor adalah Andri Prasetyo dan Suwasto Marganto.

Dalam audit kali ini, terdapat beberapa unit yang diaudit antara lain Wakil Manajemen mutu, Wakil Rektor IV bidang Pembinaan SDM dan kerjasama, LPPM, Fakultas Ilmu Kesehatan, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Biro Kemahasiswaan dan Alumni, UPT Pusat Perpustakaan, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, dan Prodi Teknik Industri, Teknik Kimia, dan D3 Analis Kimia.

Dalam opening meeting yang digelar pada Selasa (9/6), Wakil Rektor I bidang akademik USB Surakarta, Dra. Peni Pujiastuti, M.Si., menyatakan pihaknya menjalankan sistem manajemen mutu pada SDM (sumber daya manusia) serta sarana dan prasarana. Standar mutu yang dijadikan acuan adalah akreditasi dari BAN-PT. Pihaknya mengharapkan sistem manajemen mutu ini bisa memenuhi standar yang ditetapkan.

Sementara itu salah satu auditor, Andri Prasetyo, mengatakan pihaknya menekankan keterbukaan dalam proses audit. Pihaknya berharap hasil audit ini nantinya dapat diteruskan kepada manajemen demi kemajuan organisasi. Auditor lain, Suwasto Marganto, menekankan audit bukan merupakan investigasi.

Dalam audit, jika ada ketidaksesuaian akan diterbitkan temuan, baik minor atau pun mayor. Sementara temuan yang bersifat observasi bukan merupakan pelanggaran, namun diharapkan dapat kembali sesuai rule atau aturan. Nantinya hasil temuan dari audit ini bisa menjadi masukan bagi Universitas Setia Budi untuk membesarkan USB, sehingga USB mampu bersaing dengan universitas lain. (ril/sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar