Tingkat Keberhasilan Tanam Mangrove Rendah

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

CILACAP, (TubasMedia.Com) – Penanaman mangrove yang saat ini sedang digalakkan Pemkab Cilacap, Jawa Tengah ternyata tingkat keberhasilannya sangat rendah. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Cilacap Sudjiman.

“Mengapa tingkat keberhasilannya sangat rendah, karena tempat penanaman mangrove itu kebetulan terletak di arus deras. Walaupun ditanam sedalam mungkin tetap mempengaruhi tanaman mangrove itu,” kata dia.

Menurutnya, penanaman mangrove di kawasan Segara Anakan memerlukan teknologi khusus, karena kondisi tempat tersebut berbeda dengan wilayah pantai utara (Pantura) Pulau Jawa yang airnya relatif lebih tenang.

Untuk itu pihaknya telah menyampaikan kepada Kementerian Kehutanan jika Cilacap ingin melakukan studi banding ke daerah berarus deras yang berhasil dalam penanaman mangrove. “Saya memang belum evaluasi, tapi tingkat keberhasilannya di bawah 50 persen,” ujarnya.

Pihak Dishutbun juga meginginkan ada pengkajian meski penanaman mangrove itu banyak yang menggunakan dana CSR (corporate social responsibility) dari Holcim dan Pertamina.

Ditandaskan Sudjiman, Dishutbun dalam mengembangkan hutan mangrove di Cilacap telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan di Cilacap untuk menggunakan dana CSR dalam kegiatan tersebut. (estanto)

Topik :

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.