TMII Gelar Pameran Keris

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Taman Mini Indonesia Indah (TMII ) sebagai wahana yang mempresentasikan kebhinekaan dan keanekaragaman khasanah budaya serta pengenalan benda-benda budaya, belum lama ini, bekerja sama dengan Lingkar Keris Indonesia menggelar pameran dan diskusi keris mulai 23/10 hingga 4/12 di Museum Pusaka TMII.

Direktur Utama TMII Sugiono menegaskan museum merupakan bagian dari TMII yang telah ditetapkan menjadi Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia mempunyai makna penting dalam ikut memantapkan karakter budaya Indonesia.

Sesuai Undang-undang RI No. 11 tahun 2010 yang menyatakan, museum merupakan lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi burupa benda, bangunan, dan atau struktur yang telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya atau yang bukan Cagar Budaya, dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

Oleh karena itu, kata Sugiono sudah menjadi tugas kita bersama dalam mengelola Museum Pusaka TMII terus berupaya agar museum ini semakin interaktif dan semakin atraktif. Sebagai bukti nyata kepedulian pelesetarian nilai budaya Indonesia dengan terwujudnya kesediaan Lingkar Keris atau Pusaka dan Kekuasaan dengan menampilkan Keris Sumatera dan Jangkar “Kujang Keris “ di museum Pusaka.

Dukungan memanfaatkan TMII menjdi MICE Destination dirasakan kemanfaatannya. Dalam upaya melaksanakan perlindungan, pemanfaatan dan pengembangan koleksi museum menjadi tugas para pengelola dengan membekali diri dengan standar kompetensi menjadi kurator. (gunawan)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar