TMII Gelar Pawai Budaya Nusantara

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Dalam rangkaian acara penutupan HUT TMII ke-36, pekan lalu, digelar Pawai Budaya Nusantara (PBN) di depan Tugu Api Pancasila. Kegiatan pawai yang dilaksanakan melalui kerja sama TMII dengan Kementerian Pertahanan itu diikuti 18 peserta provinsi dari 33 provinsi di Indonesia dan memperebutkan lima piala Menteri Pertahanan. PBN dibuka dengan tarian Dayakan dari lereng gunung Merapi, Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu Direktur Umum TMII, Bambang Parikesit SH, MM, menjelaskan acara ini merupakan akhir dari rangkaian acara HUT TMII. PBN merupakan suatu kegiatan kreativitas budaya nusantara dan investasi dalam jangka panjang untuk mengembangkan potensi budaya daerah di Indonesia.

Ada lima kategori untuk memperebutkan piala Menteri Pertahanan, yaitu bisa memberikan penyajian kesenian terbaik, tarian masal menampilkan kesenian arak-arakan, kesenian pawai dan mempergunakan musik dan memberikan kreativitas budaya dalam suatu kesatuan dalam penyajiannya.

“Acara ini merupakan apresiasi karena TMII ditetapkan sebagai tempat wisata, pelestarian budaya Indonesia dan warisan nenek moyang oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik dan menjadi nominasi warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural World Heritage) dalam kategori Best Pratices (cara terbaik) dari UNESCO,” ungkapnya. (audy)

Berita Terkait

Komentar

Komentar