TNI Dukung Ketahanan Pangan

061114-nas4

GROBOGAN , (tubasmedia.com) – Program TNI AD mendukung ketahanan pangan (TMKP) membantu petani kedelai di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sedikitnya ada 2.000 hektar lahan telah ditanami kedelai secara serentak di 82 desa yang tersebar di 17 kecamatan di kabupaten tersebut.

Pencanangan TMKP, belum lama ini, dilakukan di Desa Pandanarum, Kecamatan Gabus oleh KSAD yang diwakili Wakil Aster KSAD Brigjen TNI Komaruddin, bersama Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Kementan Winy Dianwibawa, Wagub Jateng Heru Sudjatmoko, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Grobogan.

“Dipilih Grobogan karena daerah ini merupakan produsen kedelai terbesar di Jateng. TNI AD akan terus mendukung pemerintah dan petani dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional, khususnya kedelai. Program TMKP telah dilakukan di beberapa daerah agar kebutuhan pangan nasional bisa segera teratasi dengan cara memproduksi tanaman pangan sendiri dengan hasil yang lebih meningkat,” kata Brigjen TNI Komaruddin.

Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Kementan Winy Dianwibawa menambahkan ketergantungan kebutuhan kedelai nasional harus ditekan dan dikurangi. Hingga saat ini, impor kedelai nasional masih sekitar 2,2 juta ton per tahun. Sementara produksi nasional hanya mampu sekitar 800 ribu ton per tahun.

“Dengan memperluas areal tanam dan meningkatkan produktivitas, maka produksi kedelai nasional bisa meningkat. Salah satunya yang telah dilakukan TNI dengan gerakan TMKP,” katanya.

Laman: 1 2

Berita Terkait

Komentar

Komentar