TNI Jalin Sinergi di Tengah Masyarakat

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Untuk menilai kinerja keberhasilan dalam menjaga keutuhan territorial wilayah dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, perlu evaluasi menyeluruh dari kesatuan TNI. Sehingga tugas TNI di tengah masyarakat terus terjalin dengan bersinergi satu sama lain untuk kepentingan bangsa.

Hal inilah yang diemban oleh tim inspektorat Mabes TNI AD ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Markas Kodim 0612/Tasikmalaya, Jawa Barat, baru-baru ini. Sidak yang telah menjadi program anggaran tahunan Mabes TNI AD yang dilakukan secara acak.

Tidak setiap Makodim dikunjungi. Di Priangan Timur, hanya Korem 062/ Tarumanegara di Garut dan Kodim 0612/Tasikmalaya saja. Sehingga ketika datang tim inspektorat, pihak yang disidak langsung terkejut karena tidak pernah diduga sebelumnya.

Menurut auditor Mabes TNI AD Letkol Ins Asrul Kudhy segala kinerja dan tugas yang dilakukan anggota Kodim berikut pimpinannya dalam keberhasilan serta kekurangannya, melaksanakan tugas menjaga keutuhan territorial dan kemanunggalan TNI (kodim) di tengah masyarakat. “Netralitas TNI dan menjaga keutuhan NKRI merupakan tugas anggota kita. Hal ini sangat penting dan sangat ditekankan,” jelasnya.

Hasilnya, menurut Asrul Kodim 0612/Tasikmalaya cukup bagus dalam melaksanakan tugas meski pihaknya belum meninjau seluruh kegiatan. Setelah dari Tasikmalaya, pihaknya akan menuju ke Cirebon, Purwakarta, Subang dan Cianjur dengan tugas serupa.

Sementara itu, Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Muchidin mengatakan, pihaknya memang tidak menduga bakalan kedatangan tim auditor dari Mabes TNI AD. Meski demikian, pihaknya selalu siap kapan saja karena telah menjadi tugas dan kewajiban TNI setiap hari. (hakri)

Berita Terkait

Komentar

Komentar