Toba Pulp Lestari Sengsarakan Masyarakat Humbahas

Laporan: Redaksi

Bangun Silaban, SE

Ketua DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan Bangun Silaban, SE ketika ditemui di ruang kerjanya

DOLOKSANGGUL, (Tubas) – Toba Pulp Lestari (TPL) jelas-jelas hanya membawa sengsara bagi masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara, karena hasil Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH) maupun retribusi kayu yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas tidak sesuai dengan kerugian yang diderita masyarakat maupun pemerintah.

Di samping itu dampak ekosistem yang ditimbulkan akibat penebangan kayu-kayu alam sangat memprihatinkan. Contohnya banjir bandang yang melanda Sirogos Kecamatan Bakti Raja sebagai akibat TPL menghabiskan kayu di hulu sungai. Jadi TPL hanya membawa malapetaka bagi masyarakat di Humbahas.

Demikian disampaikan Bangun Silaban, SE, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Humbang Hasundutan baru-baru ini kepada para wartawan di ruangan kantornya. Pernyataan itu disampaikan Bangun terkait pernyataan Maringan Tinambunan, Humas Pembangkit Listrik Tenaga Mikro (PLTM) Aek Simonggo dan warga Kecamatan Parlilitan yang khawatir apabila TPL terus beroperasi, maka air sebagai sumber utama menggerakan mesin turbin tidak ada lagi.

Akibatnya ratusan miliar rupiah anggaran yang telah dikeluarkan investor untuk PLTM akan mubazir dan peralatan yang telah dipasang terancam hanya akan menjadi besi tua.

Bangun juga menyampaikan bahwa walaupun masyarakat sangat keberatan atas operasional PT TPL akan tetapi karena adanya upaya-upaya oleh segelintir oknum pengusaha lokal yang menjadi binaan perusahaan tersebut sehingga baik masyarakat, DPRD, maupun pemerintah tidak bisa sinergis dan bersatu-padu menuntut penutupan operasionalnya di Humbahas.

Disebutkan juga rasa herannya terkait adanya dana ratusan juta rupiah yang dianggarkan Pemkab Humbahas untuk meneliti dampak lingkungan hidup dan seperti apa sebenarnya Eucalyptus itu, di mana perkembangan atas pemakaian anggaran itu tidak jelas.

Sementara itu, ketika Drs Marganti Manullang Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) yang selama ini getol meminta dihentikannya segala operasional PT TPL di wilayah Humbahas kepada para wartawan baru-baru ini menyebutkan bahwa seluruh investor selama menguntungkan kepada daerah akan terus direkrut dan ditarik sedangkan yang merugikan tidak perlu. (polim)

Berita Terkait

Komentar

Komentar