Tubas Diharapkan Bentuk Pokja Lingkungan

Laporan: Redaksi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Surat Kabar Mingguan Tunas Bangsa (Tubas) diharapkan membentuk kelompok kerja (pokja) mengenai lingkungan. Harapan itu mengemuka dalam seminar nasional mengenai lingkungan yang diselenggarakan oleh Tubas di Hotel Desa Wisata TMII Jakarta, Selasa (7/5).

Dalam saran itu, disebutkan, salah satu kerja pokja dimaksud adalah menyelenggarakan diskusi mengenai segi teknis penanganan lingkungan. Dengan demikian, topik yang dibicarakan dapat ditindaklanjuti. Saran tersebut disampaikan mengingat selama ini SKM Tubas dinilai konsisten menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan, lewat berita dan tulisan. Sebelum seminar dimulai, perusahaan yang menerbitkan SKM Tubas meluncurkan buku Pesona Tetangga, karya Sabar Hutasoit. Isi buku tersebut hasil perjalanan jurnalistik penulis ke Singapura dan Malaysia.

Peserta seminar berpendapat, penanganan masalah lingkungan akan lebih berhasil bila melibatkan masyarakat, baik dalam tataran perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan. Reportase mengenai isu lingkungan, hasil perjalanan jurnalistik, yang disuguhkan oleh media massa, selalu menarik.

Salah seorang peserta seminar, Efendy Tambunan, pengamat transportasi dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, berpendapat, pers tepat sekali berperan sebagai lembaga yang menyuarakan masalah lingkungan. Pendapat itu didasarkan pada sistem pelaporan cepat oleh pers berdasarkan hasil perjalanan jurnalistik.

Dikemukakan, hasil perjalanan jurnalistik biasanya segera disiarkan, sehingga permasalahan yang dilaporkan, dapat segera diketahui oleh umum dan dapat pula segera ditindaklanjuti. Sifat ke-segera-an laporan perjalanan, yang tidak memerlukan penelitian, amat berharga dalam upaya mengungkapkan masalah lingkungan. (tim)

Berita Terkait

Komentar

Komentar