Tubas Selenggarakan Diskusi Membangun Daerah

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Diskusi dengan tema “Membangun Daerah” diselenggarakan SKM Tubas di Gedung Kementerian Perindustrian Jakarta, Kamis 17 Februari 2011, mulai pukul 10.00. Dua pembicara, Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur (BIM) Kementerian Perindustrian Ir Panggah Susanto, MM, dan Prof Dr Lili Asdjudiredja, anggota DPR RI, ikut menyampaikan pandangan pada diskusi tersebut.

Sebelum diskusi dimulai, SKM Tubas meluncurkan media online yang dapat diakses melalui www.tubasmedia.com. Uji coba media online sudah dilakukan sejak 1 Februari 2011 dan pada 17 Februari 2011 secara resmi diluncurkan. Informasi yang disajikan melalui media online ini di-update setiap hari.

Diskusi dengan moderator Ir SM Doloksaribu, M.Ing, Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Bisnis (LPPMB) Universitas Kristen Indonesia, Jakarta, membahas pembangunan daerah dari berbagai sisi, di antaranya, menyangkut peran serta masyarakat, sehingga daerah-daerah dapat lebih punya daya saing dalam menarik investor menawarkan komoditas-komoditas setempat.

Selama ini, investor masih lebih tertarik berinvestasi di Pulau Jawa, seperti yang dikemukakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (23/1/2011). Kepala BKPM mengungkapkan data 2010, investasi di Pulau Jawa Rp 140 triliun, sedangkan di luar Jawa Rp 68, 5 triliun. Pada 2009 investasi di Pulau Jawa Rp 110,1 triliun dan di luar Pulau Jawa Rp 25 triliun.

Peningkatan daya saing amat penting bagi daerah, terutama sejak Indonesia memasuki era otonomi daerah, sejak sekitar 12 tahun lalu. Berdasarkan UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, salah satu kewajiban kepala daerah dan wakil kepala daerah adalah memajukan dan mengembangkan daya saing daerah. Dengan daya saing yang kuat diharapkan investasi meningkat, supaya kemampuan daerah meningkatkan dan mengelola pendapatan makin besar. ***

Berita Terkait

Komentar

Komentar