Tujuh Pelabuhan di Danau Toba Diresmikan Presiden Jokowi

SUMATERA UTARA, (tubasmedia.com) – Presiden Joko Widodo, Rabu (2/2/) meresmikan 7 pelabuhan yang ada di Kawasan Danau Toba sekaligus peluncuran operasional 4 kapal motor di perairan Danau Toba.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi di pelabuhan Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara.

Adapun 7 pelabuhan yang diresmikan ini adalah, pelabuhan Ajibata dan pelabuhan Balige Kabupaten Toba, pelabuhan Tigaras Kabupaten Simalungun, pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir, pelabuhan Marbu Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan, pelabuhan Muara Kabupaten Tapanuli Utara dan pelabuhan Tongging Kabupaten Karo.

Sementara 4 kapal motor yang diluncurkan adalah KM Pora-pora kapasitas 180 penumpang, KM Kaldera Toba kapasitas 150 penumpang, Airbus KM Asa-asa kapasitas 150 penumpang dan Airbus KM Jurung-jurung kapasitas 150 penumpang.

“Hari ini ada tujuh pelabuhan penyeberangan di Kawasan Danau Toba sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Presiden Jokowi.

Menurut presiden, pembangunan pelabuhan kapal ini dapat mendukung aktivitas dan mobilisasi masyarakat yang ada di sekitaran Danau Toba.

“Meningkatkan konektivitas antar kecamatan dan antar kabupaten. Untuk memperlancar konektivitas di Kawasan Danau Toba, Kementerian Perhubungan menyampaikan perintah membangun 13 pelabuhan di 7 kabupaten,” ungkapnya.

Dikatakannya, yang dibutuhkan masyarakat di sekitar Danau Toba, bukan hanya pelabuhan, tetapi juga kapal. Keberadaan kapal ini sangat penting karena selama ini masyarakat menggunakan kapal yang kurang memenuhi standar.

“Saya berharap dengan selesainya dan beroperasinya kapal-kapal ini dapat mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu generasi unggulan pariwisata Indonesia,” pungkasnya. (edison ompusunggu)

Berita Terkait