Tumbuh, Minat Mahasiswa ke Dunia Media

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

YOGYAKARTA, (Tubas) – Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tak henti-hentinya melakukan sejumlah aktivitas yang bertujuan menumbuh-kembangkan minat mahasiswa terhadap dunia media, baik media jurnalistik maupun media broadcasting. Salah satu di antaranya kegiatan “Gebyar KPI” yang berlangsung tiga hari sejak Rabu (25/5) sampai Jumat (27/5).

Kegiatan Gebyar KPI yang dibuka Dekan Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, Prof Dr M Bahri Ghozali MA, itu diisi dengan serangkaian acara di antaranya diawali diskusi panel bertajuk “Membangun Paradigma Keilmuan KPI dan Tradisi Akademik Fakultas Dakwah”. Diskusi yang digelar di Ruang Teatrikal Fakultas Dakwah UIN menampilkan narasumber Andi Dermawan MAg dan delapan panelis mahasiswa.

Prof Bahri Ghozali pada kesempatan itu memuji langkah-langkah yang telah dilakukan jurusan KPI dalam memberikan tambahan pengetahuan terhadap mahasiswa mengenai dunia media dan tantangannya ke depan. “Jurusan KPI memang selalu menonjol dan terdepan dibanding jurusan lainnya di Fakultas Dakwah. Realitanya seperti itu. Karena itu posisi dan kondisi ini harus tetap dipertahankan bahkan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara Ketua Jurusan KPI Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, Dra Evi Septiani TH, MSi, pada kesempatan sama mengemukakan, kegiatan Gebyar KPI memiliki sejumlah target. Di antaranya untuk lebih menanamkan atau menumbuh-kembangkan minat serta pemahaman mahasiswa terhadap dunia media, baik media jurnalistik maupun media broadcasting atau elektronik.

“Karena itu dalam Gebyar KPI ini selain diselenggarakan pameran fotografi karya mahasiswa KPI, pameran karya jurnalistik, juga diadakan talkshow fotografi jurnalistik, talkshow karya audio visual dan talkshow jurnalistik,” jelas Evi Septiani.

Kegiatan “Gebyar KPI” tersebut disambut penuh antusias oleh para mahasiswa. Kegiatan talkshow yang menghadirkan narasumber Drs Sutirman Eka Ardhana, Dra Elvi Sulistiosari MSi dan Nadhiroh Sag, itu juga senantiasa dipadati mahasiswa yang ingin mengetahui lebih jauh tentang dunia media dan perkembangannya.

“Gebyar KPI” yang direncanakan akan dilangsungkan setiap tahun ini juga disemarakkan dengan acara lomba presenter, pemutaran karya audio visual mahasiswa, pentas seni, dan lomba fashion show. (s eka ardhana)

Berita Terkait

Komentar

Komentar