Tunjuk Sutiyoso, Langkah Jokowi Dianggap Sudah Tepat

sutiyoso

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Tokoh muda muhammadiyah, Yusuf Warsyim menilai keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Letjend TNI (Purn) Sutiyoso menjadi calon Kepala Badan Intelijen Negara sudah tepat. Keputusan tersebut menurut Yusuf, menjadi objektif karena lepas dari kepentingan dua kubu yang ada di istana.

“Di istana itu ada dua kubu, yakni Luhut Binsar Panjaitan dan AM Hendropriyono. Kedua kubu itu saya dengar mengusulkan jagoannya masing-masing untuk jadi KaBIN. Tapi Jokowi memilih Sutiyoso yang tidak diusulkan oleh kedua kubu,” kata Yusuf Warsyim, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (11/6/2015).

Dijelaskan Yusuf, dipilihnya Sutiyoso untuk mengelola BIN tanpa sponsor dan promotor, merupakan signal dari Jokowi untuk Sutiyoso agar lebih leluasa dalam memberikan masukan kepada presiden nantinya. “Beda kalau KaBIN berasal dari usulan Luhut atau Hendro, pasti ada ganjalan psikologis bagi KaBIN untuk bicara dengan presiden,” tegasnya.

Potensi permasalahan baru yang harus diantisipasi oleh presiden ujarnya, pastikan Sutiyoso lepas dari jabatannya sebagai Ketua Umum PKPI yang dalam Pilpres lalu bergabung dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Jabatan politik Sutiyoso harus segera dia lepas, sebab proses politik di DPR akan berlangsung. KMP tentu tidak akan tinggal diam kalau aroma KIH sangat kencang dalam uji kalayakan dan kepatutan nantinya,” pungkasnya. (nisa)

Berita Terkait

Komentar

Komentar