Turun, Harga Minyak Mentah Dunia

minyak-dunia

NEWYORK, (tubasmedia.com) – Harga minyak dunia pada perdagangan Selasa (2/6/2015) turun. Pasar masih menunggu pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun 10 sen menjadi 60,20 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli, kehilangan 68 sen menjadi 64,88 dollar AS per barrel di perdagangan London.Penurunan ini lebih kecil dibandingkan dengan pergerakan pada Jumat lalu, ketika minyak mentah melesat naik lebih dari dua dollar AS didorong berita pengurangan pengeboran AS dan serangan terhadap sebuah masjid Syiah di Arab Saudi yang diklaim dilakukan oleh Negara Islam (IS).

“Kami melihat pasar berusaha untuk pulih dari lonjakan harga Jumat lalu, mencoba untuk menilai seberapa banyak dari keuntungan mereka akan terbukti berkelanjutan,” kata Tim Evans, analis energi pada Citi Futures.

Minyak juga terjepit oleh menguatnya dollar AS terhadap euro dan mata uang lainnya. Dengan menguatnya mata uang AS ini membuat minyak mentah lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya.

Para analis mengantisipasi hasil “status quo” dari pertemuan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada Jumat (5/6/2015).

Kartel, yang menghasilkan sekitar 30 persen dari minyak dunia, diperkirakan akan mempertahankan produksinya tak berubah, karena tidak ada tanda-tanda bahwa OPEC akan memangkas kuota produksi mereka pada pertemuannya. (siswoyo)

Berita Terkait