Uji Kelayakan Kendaraan Antisipasi Kecelakaan

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PROBOLINGGO, (TubasMedia.Com) – Maraknya kecelakaan lalu lintas akhir-akhir ini yang melibatkan sejumlah bus mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo melakukan uji kelayakan kendaraan jenis bus yang ke luar Terminal Bayuangga, pekan lalu.

Sejumlah petugas UPTD PKB Kota Probolinggo Dishub mengecek secara langsung kelaikan dan kelayakan bus mulai dari sistem rem, kondisi lampu (jauh/dekat), lampu sign, spion,serta Exle Play detector untuk memeriksa tirod dan system stir,speed meter tester dan juga kelengkapan administrasi baik hasil uji KIR maupun kelengkapan administrasi lainnya.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo kecelakaan yang terjadi selain faktor kesalahan manusia, lebih banyak disebabkan kondisi sistem rem yang buruk. Jika terjadi kecelakaan karena faktor kelayakan kendaraan maka Dishub turut terkena. Oleh karena itu uji kelayakan dilakukan agar semua mobil bus yang keluar dari UPTD PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) benar-benar layak untuk jalan.

Satu-persatu petugas UPTD PKB secara bergilir menguji semua mobil yang akan meninggalkan tempat pengujian. “Semua mobil yang kami periksa hari ini layak dan lolos uji,” kata Kepala UPTD PKB Rusmadi. Mobil yang telah diuji dan dinyatakan lolos kemudian diberi stiker yang berisi himbauan untuk memeriksa kelengkapan dan kondisi teknis kendaraan sebelum memulai perjalanan. (haroem)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.