UKM Menambah Tenaga Kerja Produktif ?

memulai-usaha-kecil

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Usaha Kecil Menengah (UKM) semakin pesat. Perkembangan yang terjadi tidak hanya mampu memperbaiki kualitas kehidupan personal pemilik UKM, juga ikut andil menambah jumlah tenaga kerja produktif. Bagaimana UKM mengambil kesempatan ?

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2014 menyebutkan jumlah UKM di Indonesia mencapai 57,9 juta, naik 1,4 juta dari 2012 yang mencapai 56,5 juta unit usaha. Mereka telah memasuki usaha retail dan sektor-sektor bisnis besar. Namun, 90 persen dari jumlah itu masih offline.

Menurut data Facebook tahun 2014 hanya sekitar 6,6 persen dari jumlah UKM di Indonesia yang memanfaatkan dunia digital, terutama beriklan dengan menggunakan laman Facebook. Sebetulnya ada hal-hal sederhana bisa dilakukan oleh para pemain UKM di ranah digital dan yang paling umum sosial media.

Namun, perlu diingat tak selamanya sebuah akun akan dinikmati isinya jika terus menerus berjualan. Ada baiknya jika audiens diberikan satu atau dua hal di luar konten promosi produk, misalnya tip membuat sesuatu.(rel/siswoyo)

Humbanghas
Humbanghas

Berita Terkait

Komentar

Komentar