Ulos Batak Dipromosikan pada FIJO 2022 di Johor Baru

MEDAN, (tubasmedia.com) –  Produk-produk unggulan Sumatera Utara dipromosikan Dinas Koperasi dan UKM pada Festival Islam dan Halal Internasional Johor (FIJO) 2022 di Johor Baru, Malaysia, 29 September-2 Oktober 2022.

Di antaranya kain songket, ulos, serta pakaian dan aksesoris dari berbagai daerah seperti Melayu, Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Pakpak dan Nias.

“Kita juga menampilkan produk kuliner dan herbal dari Sumatera Utara,” ujar Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut, Nawal Lubis, didampingi Kadis Koperasi dan UKM Sumut, Suherman, Kamis (29/09/2022).

Beberapa produk khas yang menjadi unggulan Sumut di ajang FIJO 2022 tersebut, seperti busana kontemporer, etnik dan kemeja batik. Songket Batubara, tumtuman Toba, songket Melayu dan ulos Toba.

Kemudian kuliner seperti aneka sambal khas Medan, andaliman, ikan asin, baby cumi, teri, serta produk herbal yaitu gula aren dan keloria.

Tampilnya produk-produk unggulan Sumut di FIJO 2022, kata Nawal, diharapkan menarik minat kunjungan dan belanja warga Malaysia ke Sumut.

“Tentu ini even yang tepat memperkenalkan produk kita ke warga Malaysia,” ujar Nawal.

Sebelumnya, Andresza S Dasuki, Konsul dari KJRI Johor Baru dalam suratnya mengatakan bahwa FIJO 2022 ini diharapkan menjadi pusat promosi produk halal internasional, serta penyedia layanan dari berbagai sektor, di antaranya kerajinan. (sabar)

 

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.